Sunday, April 14, 2013

Mengidentifikasi File

Dalam kasus kali ini saya akan mengangkat sebuah permasalahan yang saya temui dalam perkuliahan saya. Disini saya memiliki sebuah file yaitu file Mp3, namun dalam kenyataannya file tersebut tidak bisa saya buka dengan aplikasi pemutar audio atau sejenisnya.
Akhirnya saya mengidentifikasi file ini dengan sebuah aplikasi yaitu winhex. Kenapa saya begitu menggebu-gebu dalam menyelesaikan masalah ini??Karena ini adalah kuis untuk perkuliahan saya yaitu Topik Khusus Keamanan Komputer :).
Langsung saja saya identifikasi file yang diberi nama Maroon5 - One More Night.Mp3 seperti gambar dibawah ini
Kelihatan sekali kalau file dengan nama tersebut adalah file mp3, namun file tersebut tidak bisa saya play dengan semua pemutar audio saya.
Setelah itu saya identifikasi dengan apilkasi winhex






setelah saya open file mp3 tersebut dengan winhex, ternyata terdeteksi bahwa file tersebut adalah file rar,



Hexadecimal di atas menunjukkan bahwa file tersebut adalah rar.sehingga saya open with winrar, didalam mp3 itu terdapat file berextensi jpg dengan nama FEDA.jpg.







kemudian saya identifikasi lagi file jpg itu dengan winhex, namun lagi-lagi bukan file jpg asli. karena hexadecimalnya menunjukkan file rar lagi.

sehingga saya open with winrar,
dan didalamnya terdapat 2 file gambar yaitu fti.jpg dan Koala.jpg. saya identifikasi lagi dengan winhex 2 file tersebut.dan hasilnya :
a. yang pertama file koala.jpg
hexadecimalnya menunjukkan bahwa file tersebut adalah file JFIF. Dimana file tersebut adalah file asli gambar,seperti nampak pada gambar dibawah.
b. dan file kedua yaitu fti.jpg
dari identifikasi file tersebut menunjukkan bahwa file fti.jpg adalah file ID3. dimana file tersebut adalah file KOZ, yaitu file audio yang biasanya support pada perangkat mobile.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa file Maroon5 - One More Night.Mp3 adalah file rar yang di dalamnya terdapat file FEDA.jpg yang juga file rar, dan didalam file FEDA.jpg terdapat dua file lagi yakni fti.jpg dan koala.jpg
koala.jpg merupakan file JFIF, yaitu file gambar asli. Dan fti.jpg adalah file KOZ, yaitu file audio yang support pada perangkat mobile.
Akhirnya selesai juga mengerjakan kuis kali ini dengan di temani pacar tercinta dan secangkir kopi, hehehe....
Harapannya semoga mendapat nilai bagus... wkwkwkwkw...

NIM : 1000631038
PRODI : Manajemen Informatika

1 comment: